fbpx

FAQ (Frequently Ask Question)

Apa yang membedakan MBI dengan sekolah lain?

1. Integrasi kurikulum nasional & internasional (muadalah)
2. Output (lulusan) yg dipertanggung jawabkan baik didalam maupun luar negeri, kami membimbing peserta didik dari mempersiapkan ujian masuk PTN atau PT Favorit dari awal dan melakukan pendampingan sekaligus pendaftaran ke PTN atau PT Favorit.
3. Presrasi akademik & non akademik baik di dalam muapun luar negeri
4. Komunikasi sehari-hari berbahasa arab & inggris

Apa yang membedakan MBI dengan MAI, SMA BP atau MA Unggulan Amanatul Ummah?

  • di MBI ada kewajiban untuk menggunakan bahasa arab dan inggris di keseharian, setiap kali ujian Try Out, UTS dan UAS untuk mata pelajaran yang masuk di SBMPTN diujikan menggunakan bahasa inggris, sedangkan untuk diniyah menggunakan full bahasa arab. Pada lembaga Amanatul Ummah lain tidak ada keharusan menerapkan sistem seperti diatas.
  • Ditinjau dari jumlah peminat setiap tahunnya, dibandingkan lembaga pendidikan Amanatul Ummah lain, MBI Pacet adalah program dengan jumlah peminat yang paling banyak artinya kualitas anak didik yang masuk MBI adalah anak-anak terpilih dari seluruh Indonesia.
  • Output lulusan MBI yang masuk PTN baik dari jalur prestasi, SNMPTN, SBMPTN tersebar luas diberbagai PTN dan jurusan Favorit di Indonesia, jika dihitung berdasarkan jumlah, maka dibanding lembaga pendidikan lain MBI memiliki lulusan terbanyak di PTN.
  • Berdasarkan lulusan yang berangkat ke luar negeri, jumlah lulusan MBI juga paling banyak dan tersebar baik di Eropa, Timur tengah, Asia atau Australia
  • Dari lembaga Amanatul Ummah yang ada, pada faktanya ¬†MBI adalah satu-satunya lembaga yang setiap tahun berhasil mengirimkan santrinya untuk melakukan pertukaran pelajar ke Amerika Serikat bersaing dengan anak-anak hebat lain dari sekolah-sekolah favorit se-Indonesia
  • Prestasi akademik dan non akademik santri-santri MBI adalah yang terbanyak dan paling produktif jika dibandingkan lembaga pendidikan amanatul ummah yang lain, bahkan setiap minggu, santri MBI bisa memborong berbagai juara baik tingkat Internasional maupun Nasional diberbagai bidang lomba, seperti olimpiade sains, bidang teknologi, bidang sosial humaniora, bahasa asing dan seni.
  • FYI : banyak yang menganggap bahwa Pondok Pesantren Amanatul Ummah di Pacet adalah MBI, anggapannya semuanya adalah program internasional baik MTs, SMP, SMA, MA akan tetapi faktanya bukan seperti itu. Faktanya¬† MBI merupakan nama program setaraf SMA/MA yang memiliki spesialisasi untuk internasionalisasi program pesantren, sehingga menggabungkan sistem pesantren tradisional khas Indonesia dengan kurikulum modern Nasional dan Internasional

Berapa santri dalam satu kelas dan satu kamar untuk di MBI?

  • Satu kelas terdiri dari 25-27 siswa
  • Satu kamar terdiri dari 10-14 santri

Sebagai Wali Santri, kapan saya bisa menjenguk anak saya di MBI?

Jam kunjungan untuk menjenguk santri adalah khusus di hari minggu saja mulai dari jam 07.30-16.00 WIB

Berapa kisaran biaya sekolah di MBI?

  • Untuk biaya masuk pertama kali yakni kisaran 8 juta sekian (sudah termasuk seragam sekolah dan kelengkapan santri)
  • SPP perbulan kisaran 1.6 jt (sudah termasuk SPP pelajaran Formal dan Muadalah, makan 3x se-hari, laundry semua pakaian, Kesehatan dan Ekstrakulikuler)

Apakah boleh untuk nyantrinya saja di MBI kemudian sekolah di luar atau sebaliknya?

Tidak diperbolehkan karena memang sekolah dan pondok pesantren merupakan satu kesatuan sistem pendidikan di Amanatul Ummah

Prospek lulusan MBI kemana saja nantinya?

  1. PTN-PTN terbaik dengan jurusan unggulan di Indonesia seperti ITB, UI, FK UGM, FTIF ITS, FK UNAIR dll (terdapat ratusan alumni tersebar di perguruan tinggi tsb)
  2. Sekolah Kedinasan seperti STAN, STIS, ATKP, AKPOL, AKMIL dll
  3. Perguruan Luar Negeri di Mesir, Maroko, Yaman, Sudan, Australia, Jerman, Russia, China dll

MBI memberikan saran terbaik, layanan dan arahan kepada para siswanya untuk melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya.

butuh bantuan? Chat kami