Gus Barra resmi dilantik sebagai Ketua Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia Prov. Jatim

0
60

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com – Dilantik menjadi Ketua Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia (IAAI) Jawa Timur, H Muhammad Al Barra siap menyebarkan Islam yang moderat dan terbuka.

Wakil Bupati Mojokerto yang akrab disapa Gus Barra itu bersama jajaran pengurus IAAI Jatim lainnya dilantik langsung Ketum IAAI Cabang Indonesia Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi di Masjid Perguruan Tinggi Istitut KH Abdul Chalim (IKHAC), Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Minggu (17/10/2021).

Prosesi pelantikan juga dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketum Pengurus Pusat Persatuan (PP) Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) KH Asep Saifuddin Chalim.

Gus Barra menyampaikan, IAAI adalah organisasi Internasional yang langsung dipimpin Grand Syeikh Al-Azhar, Prof Dr. Syeikh Akhmad Muhammad Ath-Thayeb.

Ia siap untuk menyebarkan Islam yang moderat dan inklusif atau terbuka, sesuai dengan pesan Grand Syekh Al Azhar, Syekh Ahmad Ath-Thayyeb. “Program-program kita ke depan, bagaimana dakwah Islam di berbagai tempat, khususnya Jawa Timur ini bisa diterima dengan baik,” katanya usai pelantikan.

Ia juga menyampaikan rencana kerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) agar para alumni Al-Azhar Jatim bisa bertindak sebagai penceramah di masjid-masjid.

“Kita mau kerja sama dengan DMI, bagaimana nanti alumni-alumni Al Azhar ini masuk di masjid-masjid sebagai penceramah khutbah Jum’at,” terang Gus Barra.

“Kehadiran IAAI Jatim diharapkan bisa menyebarkan Islam yang moderat dan terbuka, sesuai dengan syiar dari Grand Syeikh Al-Azhar dan Khidmah Al-Azhar untuk Indonesia,” terang putra pertama KH. Asep Saifuddin Chalim.

Senada dengan Gus Barra, Ketua IAAI Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi mengatakan, ajaran Grand Syeikh Al-Azhar untuk menyebarkan Islam yang moderat dan terbuka ini dibuktikan dengan kunjungan Grand Syeikh ke Vatikan.

“Yang juga dibalas dengan kunjungan Paus ke Al-Azhar serta adanya perjanjian damai antara Paus dengan Grand Syeikh Al-Azhar,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ucapan selamat atas terpilih dan dilantiknya Gus Barra menjadi Ketua IAAI Jawa Timur.

Sebagai provinsi yang menjadi level 1 di Indonesia, pihaknya siap menjadi tuan rumah Muskernas IAAI.

“Insyaallah aman dan siap, kalau acara nasional atau Muskernas IAAI dilaksanakan di Jawa Timur,” cetusnya.

Menyambut perkataan gubernur, Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim juga menyatakan siap untuk menjadi tuan rumah acara nasional IAAI tersebut.

“Tempat kami selalu siap dan terbuka dengan acara IAAI, nanti semuanya kita tanggung termasuk makan dan minumnya. Tahun depan kemungkinan hotel kami sudah jadi, nanti ada aula atau convention yang bisa dipakai menjadi tempat rapat dan musyawarah. Hotel tersebut juga akan dilengkapi dengan pelatihan peternakan, perikanan hingga pertanian,” pungkasnya. (ris/ian)

Sumber Berita : https://bangsaonline.com/berita/96979/resmi-jabat-ketua-umum-alumni-al-azhar-jatim-gus-barra-siap-sebarkan-islam-yang-moderat-dan-terbuka?page=2