Peringatan Hari Santri Nasional, Kiai Asep Terima Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas 2022 dari Gubernur Khofifah

105

Pendiri dan pengasuh Ponpes Amanatul Ummah di Surabaya dan Mojokerto, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim MAg menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Beya kategori Emas tahun 2022 dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya kategori Emas tahun 2022 itu diserahkan Gubernur Khofifah kepada Kiai Asep dalam rangkaian Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (22/10/2022).

Kiai Asep mendapat penghargaan itu karena prestasi dan keberhasilannya dalam meningkatkan prestasi santri di bidang akademik berbasis pondok pesantren.  Ponpes Amanatul Ummah saat ini sudah memiliki sekitar 14 ribu santri dengan sejumlah lembaga pendidikan, baik SMP, tsanawiyah, SMA, Aliyah, madrasah bertaraf internasional, hingga perguruan tinggi, Insitut KH Abdul Chalim (IKHAC). Para alumni tingkat MA/SMA-nya juga banyak diterima di sejumlah perguruan tinggi negeri favorit di dalam dan luar negeri. Seperti Universitas Indonesia, UGM, Unair, UB, Unesa, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Malang, UIN Jakarta, ITB, ITS, dan lainnya.

Dalam kesempatan memperingati Hari Santri, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak para santri selalu siap siaga menjaga martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs bangsa Indonesia. Pesan itu sejalan dengan tema Hari Santri Nasional Tahun 2022 yaitu Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Ditegaskan Gubernur Khofifah, dalam catatan sejarah, santri selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Santri dengan berbagai latar belakangnya selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak,” ungkap Gubernur Khofifah saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (22/10/2022).

lebih lengkap : https://dutaindonesia.com/2022/10/23/peringatan-hari-santri-nasional-kiai-asep-terima-penghargaan-jer-basuki-mawa-beya-emas-2022-dari-gubernur-khofifah/