SELAYANG PANDANG

Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah adalah salah satu program terbaik dari MA Unggulan Amanatul Ummah. Lahir sejak 2006 MBI Amanatul Ummah Pacet berhasil menjadi mercusuar perkembangan yayasan pendidikan unggulan Amanatul Ummah yang meluluskan sebagian besar santrinya untuk studi lanjut ke Perguruan Tinggi Negeri Favorit (UI, ITB, UGM, IPB, UNAIR, ITS, UNPAD, UB,  dsb), Pendidikan Kedinasan (STAN, STIS, AKMIL dsb), serta studi lanjut ke luar negeri (Amerika Serikat, Jerman, Australia, Singapura, Russia, Mesir, Tunisia, Yaman, Maroko, Sudan, China, Taiwan dll). Beberapa bahkan banyak yang mendapatkan beasiswa penuh baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hingga saat ini MBI Amanatul Ummah mampu menunjukkan prestasi-prestasi gemilang yang diraih siswa-siswinya, baik ditingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

MBI merupakan lembaga pendidikan paket lengkap dengan menyeimbangkan pembelajaran kepesantrenan tradisional dan pendidikan formal modern. Perasa santri nantinya tidak hanya akan menjawab tantangan persoalan berkaitan agama akan tetap juga cakap dalam sains, teknologi, sosial humaniora dan seni.

VISI & MISI

  1. Terwujudnya manusia yang unggul, utuh dan berakhlaqul karimah Untuk kemuliaan Islam, kaum muslimin serta bangsa Indonesia dan untuk keberhasilan cita-cita kemerdekaan
  2. Melaksanakan sistem pendidikan yang berlaku secara ketat dan penuh tanggung jawab

TUJUAN SANTRI MASA DEPAN

  1. Menjadi ulama besar yang akan bisa menerangi dunia dan Indonesia
  2. Menjadi para pemimpin dunia dan bangsanya yang akan mengupayakan terwujudnya kesejahteraan dan tegaknya keadilan
  3. Menjadi konglomerat besar yang akan memberikan kontribusi maksimal bagi terwujudnya kesejahteraan bangsa Indonesia,
  4. Menjadi para profesionalis yang berkualitas dan bertanggungjawab

SISTEM PEMBELAJARAN

Kurikulum pembelajaran yang digunakan di MBI Amanatul Ummah Pacet merangkum kurikulum nasional dan kurikulum internasional. Kurikulum nasional mengikuti Kemendikbud dan Kemenag sedangkan untuk kurikulum internasional distandarisasikan dengan kurikulum yang digunakan di Universitas Al Azhar (Kairo-Mesir). Terdapat dua bagian sekolah, yakni sekolah formal (mengikuti kurikulum nasional ) dan sekolah mu’adalah/diniyah (mengikuti kurikulum standarisasi Al-azhar Cairo Mesir).Sehingga Ijazah kelulusan yang didapatkan :
– Ijazah Nasional
– Ijazah Muadalah yang disetarakan dengan Al Azhar (Kairo-Mesir)
– Setifikat English Asessment Test (TOEFL/MECCA)
– Setifikat Arabic Asessment Test (TOAFL/MADINAH)

Setiap santri wajib mengikuti dua sekolah, yakni sekolah formal dan sekolah muadalah. Setiap kelas terdiri maksimal 27-30 santri (kelas dipisah antara putra dan putri). Meskipun dialog percakapan sehari-sehari santri diwajibkan menggunakan bahasa arab & inggris, akan tetapi pada pelajaran formal disampaikan dalam bahasa Indonesia dan ujian mata pelajaran umum (MIPA) diujikan dalam bahasa inggris. Setiap santri diwajibkan berbahasa Inggris dan Arab dalam kesehariannya. Wajib mengikuti ektrakulikuler pilihan. Para santri juga ada pembimbingan khusus untuk membaca kitab kuning (klasik) serta hafalan beberapa kita kuning.

butuh bantuan? Chat kami